KPU Verifikasi PPP Sumut

TRIBUN-MEDAN.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara melakukan verifikasi faktual ke Sekretariat PPP Sumut, Jl Raden Saleh, Medan dalam rangka pemilu legislatif tahun 2014, Selasa (6/11/2012).

Rombongan tim verifikasi ini langsung dipimpin Ketua KPU Sumut Irham Buana Nasution. Kedatangan rombongan diterima langsung Ketua DPW PPP Sumut H Fadly Nurzal dan Sekretaris Yulizar P Lubis didampingi sejumlah pengurus DPW PPP Sumut lainya.

Irham Buana pada kesempatan itu menjelaskan verifikasi partai politik peserta pemilu dilaksanakan berdasarkan amanah peraturan perundang-undangan. Oleh karena itu, Irham meminta seluruh partai politik yang akan diverifikasi melengkapi persyaratan yang telah ditentukan dalam Undang-Undang Pemilu Nomor 8 tahun 2012.

Dalam verifikasi itu, Irham Buana mempertanyakan jumlah dan persentase keterwakilan perempuan dalam kepengurusan PPP Sumut yang harus mencapai 30 persen. Termasuk diverifikasi tentang keabsahan kepengurusan dengan melihat Surat Keputusan (SK) Kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat PPP.

Setelah, KPU mempertanyakan tentang status kantor atau sekretariat PPP Sumut yang berada di Jalan Raden Saleh No.11 Medan disebabkan tidak adanya data tentang status itu dari KPU Pusat.

Jika bukan berstatus hak milik atau aset PPP Sumut, pengurus parpol tersebut diharapkan dapat melampirkan bukti penggunaan yang tenggat waktunya harus sampai berakhir tahapan Pemilu.

“Kalau pinjam pakai atau disewa, harus bisa setelah tahapan Pemilu berakhir,” katanya.

Setelah proses verifikasi faktual tersebut, KPU Sumut akan melakukan rapat pleno untuk mengkaji kelengkapan persyaratan parpol di tingkat provinsi itu sebagai peserta Pemilu. Jika masih ditemukan parpol yang belum memenuhi persyaratan dan kelengkapan, pihaknya akan memberikan waktu untuk perbaikan pada 11 hingga 17 November.

“Setelah itu, baru diumumkan parpol mana saja yang memenuhi syarat dan mana yang tidak (memenuhi syarat),” kata Irham. (rif/tribun-medan.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s