Fadly Nurzal Ketua Pansus Nama Bandara Baru Pengganti Polonia

Rapat perdana pembentukan Pansus Pembahasan dan penjaringan nama Bandar Udara (Bandara) baru di Kwalanamun, Deli Serdang, DPRD Sumut, Senin (18/6) menetapkan H. Fadly Nurzal (PPP) sebagai ketua pansus bersama Restu kurniawan Sarumaha (pelopor) dan Analisman Zalukhu (PDIP) masing-masing sebagai Wakil ketua dan sektretaris pansus. Raudin Purba, T. Dirkhamsyah, M Siregar, masing-masing sebagai anggota.

Menurut ketua PANSUS, H Fadly Nurzal Sag, bahwa pembahasan nama Bandara pengganti Polonia Medan sedang dalam tahap penyelesaian, diharapkan dalam waktu tidak lama akan dioperasikan. Namun sebelumnya sebagai bandara baru maka nama bandara tersebut menjadi sangat penting karena akan sangat berpengaruh terhadap pengenalan Sumatera Utara dalam skala luas.

“Karena itulah selain merekam dari dari apa yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, serta surat permohonan dari pemerintah propinsi kepada DPRD Sumatera Utara terhadap pembahasan usulan nama bandara baru ini maka DPRD Sumut telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) yang berjumlah 16 orang dari berbagai fraksi yang ada di DPRD Sumatera utara,” ujar Fadly.

Fadly Nurzal yang juga ketua Fraksi PPP itu menjelaskan bahwa rapat pansus tersebut juga menyusun jadwal kerja termasuk menjadwalkan utuk menampung seluruh aspirasi baik yang berasal dari unsur baik pemerintahan, organisasi kemasyarakatan, perwakilan etnis, lembaga kebudayaan serta berbagai pihak yang dimungkinkan pansus akan mendapatkan masukan terhadap usulan nama bandara baru ini kepada pemerintah pusat.

“Bahwa Sumatera Utara sebagai daerah terbuka dan heterogen maka pendekatan yang akan dilakukan tentulah memberikan pertimbangan yang cukup kaya aspirasi sebagai konsekwensi daerah beragam. Untuk itu kemauan semua pihak memberikan masukan terhadap pansus ini akan sangat menentukan sejauh mana heterogenitas sbg modal utama interaksi sosial kita tetap bisa dipertahankan,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Restu Kurniawan Sarumaha menambahkan bahwa memang ini kesannya sederhana, hanya persoalan nama namun sebagai daerah multi etnis dimana kesemua itu adalah bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan sumatera dengan berbagai potensinya yang luar biasa pula maka usulan nama terhadap bandara baru pengganti polonia ini haruslah dapat merekam seluruh aspirasi yang beragam tersebut. “Sebelum pansus dibentuk bahkan ketika bandara baru pengganti polonia mulai dibangun sudah terdengar masukan serta diskusi diberbagai tempat tentang usulan nama terhadap bandara ini,” ujarnya.

Ditempat yang sama, H. Ajib Shah yang juga wakil Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sumut, bahwa di berbagai daerah yang bandaranya dipugar atau dipindahkan, ada yang mengganti nama ada juga tetap dengan nama sebelumnya. “Hal ini tentulah didasarkan pada pandangan yang melewati diskusi serta ragam pendekatan di daerah tersebut karena nama itu tidak datang begitu saja tentu melewati berbagai pandangan dari berbagai pihak,” ujarnya.

Di sisi lain, lanjut Ajib, yang juga harus difahami bahwa bandara bukan hanya terminal penerbangan dengan makna transfortasi saja melainkan bandara adalah pintu gerbang pengenalan budaya daerah setempat sekaligus tempat dimana terjadinya perputaran ekonomi. karena itu penentuan nama bandara baru ini diharapkan akan sangat mempengaruhi pengenalan sumatera utara secara lebih luas dengan dampak ikutannya yang luas pula.

“Guna memenuhi komitmen itu maka pansus menyiapkan jadwal utk berdialog dgn berbagai pihak sehingga yang dimulai pada tanggal 9 s/d 13 juli 2012. untuk itu kami harapkan seluruh pihak yang berkenan menyampaikan aspirasi kiranya bisa menyampaikannya kepada staf Pansus sebelum tanggal tersebut sehingga Pansus melalui Pimpinan DPRD Sumut bisa mengundang pihak-pihak tersebut untuk didengar masukannya pada tanggal yang sudah disediakan. ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s